Beberapa Cara Ampuh Untuk Mengendalikan Hama Padi

Seperti kita ketahui dalam dunia pertanian selalu dilengkapi dengan adanya hama. Hama ini sangat membuat para petani sangat resah Tentunya. Salah satunya iyalah hama penggerek batang, Jenis hama ini termasuk hama yang paling diantisipasi para petani padi. Karena Hama ini bisa menyerang tanaman mulai dari fase pertumbuhan tanaman (vegetatif) hingga fase Generatif. Hama ini membuat tanaman padi menjadi kering hingga mati. Hama ini mrenyerang bagian batang dari tanaman. Namun kita akan mengetahui beberapa cara untuk mengaplikasikan pestisida

Beberapa Cara

Penggunaan pestisida 

Untuk mengantisipasi serangan dari hama ini para petani biasanya langsung menggunakan beberapa jenis pestisida. Beberapa cara menggunakan pestisida untuk mengendalikan Hama pada tanaman padi.

BACA JUGA DISINI : 4 Bibit Sayuran Yang Cocok Di Tanam Di Rumah

  • Pertama Jenis yang tepat. jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan hama pada batang yaitu jenis Insektisida. Insektisida ini adalah pestisida yang digunakan petani untuk membasmi hama atau serangga. Untuk Formulasi pada insektisida ini Berbentuk Butiran, Tebung, Dan Cairan.
  • Kedua Tepat sasaran. Secara biologi target yang dituju adalah Larva atau telur dari hama penggerek batang.Larva biasanya berada pada batang padi, jadi yang diperlukan untuk ini adalah Insektisida yang mampu masuk ke dalam jaringan tanaman dan mengedarkan ke seluruh bagian tanaman padi.
  • Ketiga Tepat Waktu. Menggunakan insektisida melalui berdasarkan waktu, Baik itu secara Kuratif, Preventif, Maupun Eradiktatif. Secara Kuratif digunakan jika banyaknya serangan hama lebih besar 5% sundep waktu yang tepat menggunakan ini saat larva larva hama itu masih muda berada pada instar 1-4. Untuk cara Preventif ini bisa dilakukan pada saat padi masih baru ditanam dan beberapa hari setelah ada penerbangan rengat.
    Sedangkan  untuk cara Eradiktatif digunakan apabilan serangan hama ini sudah mulai parah dan penggunaan insektisida ini harus rutin minimal sekali dalam satu minggu.
  • Keempat Tepat takaran. Untuk ini tentunya akan di perngaruhi dosis dan konsentrasi pada insektisida. Dosis adalah jumlah sedikit banyaknya insektisida yang diperlukan untuk mampu membasmi hama. Sebagai contohnya untuk dosis pestisida jenis Virtaco 300SC sekitar 200ml/ha dan dengan volume semprot Maximal 500ltr/ha. Untuk para petani yang menyemprot menggunakan 15L yaitu diperlukan 33 tangki untuk perhektare nya dengan dosisiu 0.4 Virtaco per tangkinya.

BACA JUGA DISINI : Ngeri!! Polisi Menemukan Jejak Harimau Saat Padamkan Karhutla Di Pelalawan