Cara Menanam Bawang Merah Mudah & Praktis Di Polybag

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag sangat mudah, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Dapat ditanam di area pekarangan rumah, tidak perlu lahan atau tanah yang lebar untuk melakukan penanaman ini. Bawang merah ini sangat tinggi akan serat dan vitamin C dan juga merupakan sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Bagi para ibu-ibu yang suka bercocok tanam di rumah dan ingin menanam bawang tetapi tidak mempunyai lahan yang lebar, bisa tanam dengan menggunakan polybag. Menanam bawang merah sendiri juga dapat menghemat pengeluaran, dan juga sangat bermanfaat untuk keperluan keluarga. Cara ini sangat praktis untuk dilakukan sehari hari loh, yuk simak tutorial nya.

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag :

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag
Contoh Foto Tanaman Bawang Merah di Polybag
  • Yang pertama siapkan polybag dengan ukuran 30 x 30 cm atau ukuran berapa pun yang kamu punya di rumah. Lalu siapkan tanah gembur atau tanah bekas bakaran, bubuk sekam (sekam bakar), dan pupuk dengan perbandingan satu banding satu. Setelah semuanya siap campurkan bahan-bahan tadi lalu masukan ke dalam polybag nya.
  • Pilih umbi bawang yang akan kamu tanam, pastikan kamu memilih umbi yang bagus dan sehat agar hasil buahnya juga memuaskan. Potong ujung nya jika ada yang belum tunas. Atau kamu juga bisa memakai biji sebagai bibit utamanya tetapi prosesnya akan sedikit ribet.
  • Gunakan 3 sampai 6 umbi untuk di isi di satu Polybag
Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag
Bawang merah sudah mulai kelihatan
  • Tanam umbi bawang merah sampai ujung yang di potong tadi lalu beri jarak tanam antar umbinya sekitar kurang lebih 6 cm
  • Perhatikan kadar air penyiraman bawang merah ia tidak bisa dibiarkan terlalu kering juga tidak bisa hidup di dalam genangan air.
  • Lakukan pengecekan terhadap salah satu tanaman yang busuk agar tidak menyebar ke yang lain. Harus segera dibuang juga lakukan pembersihan gulma di sekitar tanaman agar tidak mengganggu tumbuh kembang nya bawang merah kita.
  • Yang terakhir adalah cara panen nya, mencabut secara perlahan umbi bawang merah dengan hati-hati juga lembut hingga umbinya terangkat sempurna tidak menyisakan umbi di dalam tanah. Kemudian ikat tali plastik lalu rangkai di tempat yang kering untuk menghindari kebusukan pada bawang merah yang baru kita panen.

Contoh bawang merah yang siap di panen :

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag
Contoh bawang merah yang sudah siap panen

Nah ini dia contoh ciri fisik dari bawang merah yang sudah siap di panen, pangkal daun yang sudah lemas dan daunnya 80 sampai 90 persen sudah menguning atau layu. Umbi atau bawang yang sudah terlihat ke permukaan tanah dan berbentuk sempurna. Bawang merah dapat di panen setelah berusia kurang lebih tiga bulan.

Lihat juga : Mengenal Kucing Bakau, Kucing Hutan Langka Di Indonesia