Cara Menanam Jeruk Dari Biji Dengan Mudah

Cara Menanam Jeruk Dari Biji Dengan Mudah

Jeruk menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang karena rasanya yang manis dan menyehatkan. Buah ini cukup mudah untuk ditemui, bahkan sering kali ditanam di perkarangan rumah.

Cara menanam jeruk dari biji cukup mudah, berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk budidaya dari pembibitan hingga panen.

Baca Juga : Cara Penanaman Kentang Mulai Dari Persiapan Hingga Panen

Cara Pembibitan 

Bibit jeruk dapat diperoleh dengan cara menyemai biji buah. Pembibitan dari biji akan memberikan hasil bibit yang akarnya kuat.

Namun pertumbuhan bibit dari biji memerlukan waktu yang agak lama dan sifat tanaman induknya. Cara pembibitan dari biji dapat di mulai dengan memisahkan antara biji dengan daging dan buahnya.

Di jemur selama 3 hari tanpa terkena paparan sinar matahari langsung. Lalu, semai biji jeruk pada media semau yang subur.

Saat pembibitan sudah mulai tumbuh tinggi dan juga sudah mempunyai perakaran yang kuat, pindahkan bibit ke lahan yang budidaya. 

Pengolahan lahan

Lahan yang di pakai untuk menanam jeruk di bersihkan terlebih dahulu. setelah selesai dibersihkan, olah lahan tersebut sampai tanah menjadi gembur dan buatlah parit agar drainase lancar.

Buat juga lubang serta tambahkan pupuk dasar pada lubang tanam tersebut. Diamkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami 

Pindah Tanah

Cara menanam jeruk dari biji dimulai dengan memotong beberapa tunas atau cabang daun bibit tanaman. Tujuannya agar nantinya bibit mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Setelah itu, letakkan bibit pada lubang tanam tersebut, lalu tutup lubang tanam dengan tanah sambil memadatkan agar bibit tidak roboh.

Pemeliharaan Tanaman 

Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, maka pohon juga harus dirawat dengan baik. Beberapa kegiatan pemeliharaan dapat dilakukan seperti berikut :

  • pemangkasan 
  • Penyerapan
  • Penjarangan
  • Penyiangan
  • Pemupukan

Panel

Pemanenan bisa dilakukan saat buah sudah mulai masak, cara panen jeruk yaitu dengan cara memotong tangkai buah menggunakan gunting pangkas agar tidak merusak batang dari jeruk.

Lihat Juga : 3 Preman Pemalak Sopir Truk Medan Di Tangkap